Niat Shalat Qobliyah Subuh

Shalat Qobliyah Subuh

Shalat adalah salah satu hal yang wajib dilakukan oleh umat islam setiap harinya, shalat subuh termasuk diantaranya. Saat kita sudah berhasil melakukan shalat lima waktu lengkap, saatnya melakukan upgrade. Untuk menambah amaliyah sehari-hari, kita bisa melakukan sholat Sunnah lainnya, seperti shalat qabliyah atau shalat sebelum melakukan shalat wajib.

Shalat qabliyah ini sangat dianjurkan oleh Rasulullah untuk melakukannya. Dibutuhkan hati yang istiqomah untuk melakukannya di setiap kesempatan sebelum shalat wajib. Amaliyah yang satu ini juga bisa mendekatkan diri kita kepada Allah SWT dan membersihkan jiwa dari penyakit hati. Apalagi jika melakukannya di bulan yang suci Ramadhan seperti ini.

Bahkan, ada ulama yang mengatakan bahwa shalat ini menjadi prioritas kedua setelah shalat Sunnah tahajud. Sesungguhnya, tidak ada amalan yang tidak bernilai pahala. Kita harus rajin untuk melakukan amaliyah tersebut dan menjadi golongan yang diridhoi Allah untuk masuk surga-Nya kelak. Apalagi shalat adalah amalan yang pertama kali ditanyakan saat di akhirat nanti.

Hal yang harus diperhatikan saat akan melakukan shalat qabliyah subuh:

  • Hukum melakukan

Dijelaskan dalam hadist riwayat Bukhari dan Muslim bahwa Rauslullah tidak pernah meninggalkan shalat qobliyah subuh ini. Hukum untuk melakukannya adalah Sunnah muakkad atau Sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan. Karena itulah Rasulullah tidak pernah meninggalkan shalat Sunnah yang satu ini.

  • Waktu melakukan

Shalat Sunnah yang terdiri dari 2 rakaat ini harus dilakukan jika adzan subuh sudah berkumandang. Setelah adzan selesai, lakukan shalat Sunnah fajar 2 rakaat terlebih dahulu. Setelah selesai melakukan shalat Sunnah ini, lakukan dzikir dan wirid untuk shalat qobliyah subuh. Selanjutnya, Anda bisa langsung melakukan shalat qobliyah subuh 2 rakaat. Biasanya, setelah itu akan terdengar suara iqamah dan langsung melakukan shalat subuh.

  • Urutan melakukan

Yang pertama harus dibaca tentunya adalah niat shalat qobliyah subuh. Berikut ini adalah niat melakukan shalat qobliyah subuh

أُصَلِّى سُنَّةَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ قَبْلِيَةً لِلهِ تَعَالَى

Artinya adalah Aku niat shalat sebelum subuh 2 rakaat karena Allah Ta’ala.

Setelah itu, Anda bisa membaca surat Al Fatihah dan surat pendek di Al Quran. Ada baiknya untuk menambah hafalan surat pendek melalui murotal yang bisa di download melalui situs https://www.dataislami.com/. Surat pendek yang dianjurkan untuk rakaat pertama adalah surat Al Kafirun dan untuk rakaat kedua adalah surat Al Ikhlas.

Selain itu, tata cara untuk melakukan shalat qobliyah subuh ini sama dengan melakukan shalat yang lainnya. Setelah salam, sangat dianjurkan untuk membaca dzikir shalat qabliyah subuh. Luruskan niat dengan berpikir bahwa melakukan shalat Sunnah ini hanya untuk beribadah kepada Allah semata, tidak ada niat yang lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *