Mengapa Asam Lambung Naik saat Hamil?

Mengapa asam lambung naik saat hamil

Mengapa Asam Lambung naik Saat Hamil? Sebagian besar ibu hamil mengalami gangguan gejala  penyakit asam lambung atau GERD, terutama nyeri ulu  hati. Nyeri ulu hati adalah kondisi dimana sensasi  rasa terbakar pada dada yang diakibatkan oleh naiknya  asam lambung. Gejala GERD ini semakin menjadi-jadi  seiring bertambahnya usia kehamilan Anda. Penyebab
utamanya adalah karena perubahan hormon selama kehamilan yang mengakibatkan gangguan sistem pencernaan.

Seiring bertambahnya usia kehamilan, ukuran janin dan rahim yang membesar dapat menekan makanan dan asam lambung naik ke saluran esofagus atau kerongkongan Anda.

Dalam kondisi normal, makanan yang Anda konsumsi akan turun ke lambung melalui esofagus dan melewati katup bawah esofagus. Namun, saat hamil respon katup bawah esofagus tidak responsif sehingga dapat menyebabkan naiknya asam lambung.

Cara Mengatasi Asam Lambung saat Hamil

Meski gejala GERD merupakan hal yang umum dialami oleh  sebagian besar ibu hamil, namun terdapat beberapa cara untuk mengatasi asam lambung yang naik saat hamil. Simak ulasannya berikut ini.

1. Makan dalam Porsi Kecil

Bagi ibu hamil sangat dianjurkan untuk makan dalam porsi kecil namun dalam intensitas yang sering. Hal ini baik untuk mencegah naiknya asam lambung. Makan dengan porsi besar dalam satu waktu dapat menganggu sistem pencernaan Anda. Atur pola makan Anda setiap dua jam sekali, hal ini berguna untuk mencegah naiknya asam lambung dan ibu hamil tetap dapat memenuhi
kebutuhan nutrisi.

2. Makan secara Perlahan

Usahakan jangan makan terburu-buru, kunyahlah makanan Anda sebelum menelannya. Mengunyah makanan sangat baik untuk sistem pencernaan Anda. Ibu hamil diharuskan untuk mengunyah makanan agar tidak membebani kerja lambung dan menyebabkan sesak.

3. Jangan Baring setelah Makan

Berbaring setelah makan merupakan sebuah pantangan asam lambung. Berbaring setelah makanan dapat menyebabkan asam lambung naik ke saluran esofagus. Bagi ibu hamil disarankan berbaring dua hingga tiga jam setelah makan.

4. Hindari Pakaian Ketat

Ibu hamil disarankan menggunakan pakaian yang longgar dan mendukung gerak tubuh agar lebih leluasa bergerak. Pakaian ketat selain menyebabkan rasa tidak nyaman, juga dapat menekan perut dan menaikan asam lambung. Oleh karena itu, gunakan pakaian hamil yang nyaman.

5. Hindari Makanan Penyebab Asam Lambung Naik

Faktor utama naiknya asam lambung adalah makanan pantangan asam lambung. Terdapat beberapa makanan yang sebaiknya hindari untuk mencegah naiknya asam lambung, seperti makanan pedas, makanan asam, kafein dan soda.

Jadi selain makanan pantangan ibu hamil, untuk menghindari naiknya asama lambung, ibu juga harus memperhatikan makanan pantangan yang harus dihindari.

6. Mengunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet akan meningkatkan produksi air liur yag dapat menetralkan asam lambung. Oleh karenanya, siapkan permen karet ketika gejala asam lambung muncul.

7. Hentikan Kebiasaan Buruk

Sebaiknya hentikan kebiasaan buruk seperti Merokok dan konsumsi alkohol. Selain tidak baik untuk kondisi lambung Anda, juga berpengaruh langsung dengan tumbuh kembang bayi dalam kandungan.

Sementara itu, terdapat beberapa jenis obat-obatan yang diresepkan untuk ibu hamil untuk mengatasi gangguan asam lambung saat hamil sebagaimana dikutip dari Alodokter.com:

Alginate. Alginate dapat meringankan gangguan pencernaan yang disebabkan oleh asam lambung.

Antasida. Obat yang dapat meringkan gangguan pencernaan