Manfaat Alpukat

Manfaat alpukat untuk kesehatan yaitu dapat mencegah berbagai penyakit serta meningkatkan metabolisme tubuh. Alpukat berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Memiliki kulit yang lembut, dan berwarna hijau tua maupun ungu kecoklatan. Dagingnya juga bertekstur lembut, berwarna hijau muda untuk yang dekat kulit, dan berwarna kuning muda untuk yang dekat dengan biji.

Alpukat dibawa oleh orang Belanda ke Indonesia pada abad ke 19. Banyak sekali manfaat yang terdapat dalam buah alpukat. Biji alpukat bisa dijadikan sebagai pewarna untuk industri pakaian, batang pohonnya sebagai bahan bakar, daging buahnya dapat dikonsumsi dan juga dijadikan sebagai bahan dasar produk kecantikan.

  • Kandungan Gizi yang Terdapat dalam Alpukat
  1. Serat, protein, beta sitosterol, glutathione, dan lutein: melindungi tubuh dari berbagai penyakit.
  2. Protein: memenuhi nutrisi, dan sebagai pengganti protein hewani.
  3. Lemak sehat: meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.
  4. Karotenoid: sebagai asupan vitamin A yang baik bagi kesehatan mata.
  5. Lutein: juga dapat membantu kesehatan mata.
  6. Vitamin C, E, karotenoid, selenium, seng, pitosterol, omega 3 asam lemak: membantu mencegah terjadinya peradangan
  7. Lemak monosaturated: meningkatkan lemak di dalam tubuh, dan mengendalikan diabetes.
  8. Vitamin B1 (tiamin): meningkatkan metabolisme lemak dan juga karbohidrat.
  9. Vitamin B2 (riboflavin): membentuk sel darah merah, serta meningkatkan sirkulasi darah.

Berikut Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan yang kami kutip dari Ensiklonesia.com

  1. Mengurangi resiko penyakit diabetes

Manfaat alpukat untuk diabetes ialah, dapat mengurangi kolesterol yang jahat, meningkatkan kolesterol baik dalam darah, dan menjaga asupan yang masuk ke dalam tubuh.

  1. Mengurangi peradangan pada sendi

Lemak tak jenuh, pitosterol, vitamin C, dan E, serta zat karotenoid, dipercaya mampu mengurangi peradangan yang mengarah ke penyakit arthritis.

  1. Mencegah kanker

Manfaat alpukat untuk mencegah kanker terdapat pada kandungan fitokimia nya yang mampu mencegah perkembangan kanker tertentu pada tubuh.

  1. Mencegah hipertensi

Alpukat mempunyai jumlah kandungan kalium yang cukup besar. Itu sebabnya dengan mengkonsumsi alpukat secara rutin, maka dapat membantu dalam mengontrol tekanan darah dalam tubuh.

  1. Mencegah radikal bebas

Alpukat termasuk buah yang mempunyai sumber antioksidan yang sangat baik. Sehingga jika dikonsumsi dapat membantu tubuh untuk mengeluarkan racun melalui keringat juga air seni.

  1. Menjaga kesehatan mata

Alpukat merupakan sumber lutein karotenoid yang dikenal mampu melindungi kesehatan mata terutama pada lansia, seperti penyakit degenerasi macula, maupun katarak.

  1. Mencegah cacat lahir

Jumlah folat dalam alpukat ternyata sangat penting dalam pencegahan cacat lahir, seperti cacat tabung saraf, dan spina bifida.

  1. Mengurangi resiko stroke

Tingginya kandungan asam folat dalam alpukat, jika dikonsumsi dapat mengurangi resiko terkena penyakit stroke.

  1. Menurunkan kolesterol

Beta sitosterol dalam alpukat, dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol.

  1. Mencegah osteoporosis

Vitamin K dalam alpukat berfungsi untuk meningkatkan penyerapan kalsium serta mampu mengurangi pengurangan kalsium melalui urine.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Mengkonsumsi buah alpukat secara rutin, sangat baik untuk sistem metabolisme tubuh, salah satunya dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung maupun diabetes.

  1. Dapat mengurangi stress

Kandungan folat dalam alpukat juga bermanfaat untuk mengurangi resiko terkena depresi, dengan mencegah kelebihan homosistein dalam tubuh.

  1. Membantu sistem pencernaan

Manfaat alpukat untuk diare salah satunya ialah untuk menjaga kesehatan pencernaan. Alpukat dapat melancarkan buang air besar secara teratur dan sehat (tidak diare), asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan.

  1. Mencegah obesitas

Bagi anda  yang sedang memiliki masalah obesitas, disarankan mengkonsumsi alpukat sebagai menu makan siang ataupun makan malam. Hal ini akan membuat anda memiliki berat badan yang ideal dan juga sehat. Karena lemak yang terkandung dalam buah alpukat adalah lemak yang sehat untuk tubuh.

  1. Mengatasi asam lambung

Manfaat alpukat untuk asam lambung ialah, sebagai obat herbal yang alami, karena adanya kandungan vitamin A, B kompleks, C, D, E, yang dapat mengatasi penyakit tersebut. Serta dapat membantu mempercepat penyembuhan luka yang ada di dalam dinding lambung.

  1. Mengatasi asam urat

Manfaat alpukat untuk asam urat ialah, dapat menurunkan kadar asam dalam darah. Daun alpukat yang mengandung polifenol, quersetin, gula, dan alkohol, untuk mengurangi kadar asam urat yang berlebihan, melindungi persendian, serta memperbaiki fungsi ginjal dalam tubuh.

  1. Mengatasi anemia

Manfaat alpukat untuk anemia ialah, meningkatkan penyerapan zat besi, dan sel darah merah, menjaga kadar gula darah, mengandung potasium yang dapat mendukung kesehatan darah, kalium yang baik untuk tekanan darah, vitamin B kompleks untuk menjaga kestabilan darah.

Banyak sekali orang yang menyukai buah alpukat untuk dikonsumsi. Selain bisa dimakan secara langsung, bisa juga dibuat sebagai minuman, jus, selai, campuran pada makanan, es buah, dan masih banyak lagi. Selain karena rasanya yang enak, manfaat alpukat juga banyak sekali untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *